Sunday, February 7, 2010

Pengetahuan Dasar Tentang Affiliate Marketing

Sunday, February 7, 2010

Do you like this story and want to share with your friends?

Dalam dunia online, banyak hal-hal yang bisa kita lakukan. Selain tentu saja browsing web maupun download lagu atau video, dunia internet atau yang biasa disebut dengan dunia online bisa dijadikan sebagi sumber penghasilan Anda. Menambahkan materi pembelajaran uprian sebelumnya tentang jenis-jenis program affiliate marketing, kali ini uprian akan kembali mengulang dan mengupas tuntas apa itu bisnis affiliate marketing program.

Dalam sebuah bisnis internet marketing, apalagi bagi pemula yang masih baru memulai, Anda harus paham betul mengenai affiliate marketing. Karena dalam menjalankan bisnis internet dan untuk mendapatkan penghasilan dari internet tidak lepas dari affiliate marketing. Secara sederhana, pengertian Affiliate Marketing itu adalah memasarkan produk orang lain dan mendapatkan komisi dari penjualan produk tersebut. Kalau bahasa di dunia nyata, kebanyakan orang menyebutnya sebagai sales marketing. Jadi untuk mendapatkan uang dari internet, seseorang tidak selalu harus memiliki produk sendiri untuk berjualan di internet. Anda juga bisa melakukan kegiatan memasarkan produk orang lain dengan bergabung dalam affiliate program (program affiliasi) yang ditawarkan oleh berbagai macam jasa yang memberikan layanan affiliate program.

Dalam dunia internet/maya, banyak sekali bisnis online yang menyertakan program affiliate pada produknya yang dapat Anda ikuti. Hal tersebut dilakukan karena antara penjual dan pemasar sama-sama memiliki keuntungan. Penjual adalah pemilik produk sedangkan pemasar adalah Anda (yang membantu memasarkan produk mereka), bila Anda bergabung dalam suatu program affiliate marketing. Keuntungan utama bagi penjual adalah promosi produknya akan lebih gencar dan lebih luas jangkauan pemasarannya. Dengan Anda ikut bergabung memasarkan program affiliate mereka, berarti produk penjual akan dapat menjangkau network Anda.

Selain keuntungan bagi penjual, keuntungan bagi pemasar adalah Anda tidak perlu memproduksi atau memiliki produk sendiri. Anda tidak perlu dipusingkan mengenai sistem pemasaran produk. Anda juga tidak perlu memiliki tempat produksi dan karyawan. Selain itu, Anda tidak perlu mengatur proses pengiriman produk. Semuanya itu dikerjakan oleh pihak penjual, satu-satunya yang perlu Anda lakukan adalah mempromosikan produk tersebut dan mendapatkan prospek yang membeli produk tersebut melalui Anda, kemudian Anda akan mendapatkan komisi penjualan. Sebagai seorang member dalam program affiliate, Anda BEBAS untuk mempromosikan suatu program affiliate (namun hati-hati jangan sampai melakukan SPAM), BEBAS untuk berhenti memasarkan program affiliate tersebut dan juga BEBAS untuk mengikuti banyak program affiliate lainnya. Penghasilan Anda didapat berdasarkan penjualan yang terjadi dari program affiliate yang Anda ikuti.

Bila Anda selaku pihak penjual atau pemilik program affiliate yang menjual produk Anda sendiri, Anda juga bisa bergabung memasarkan produk pelengkap produksi orang lain dengan bergabung dalam program affiliate yang diselenggarakan oleh orang tersebut, kemudian menawarkan produk pelengkap tersebut kepada member yang sudah membeli produk Anda. Sehingga pendapatan Anda tidak berhenti hanya dari penjualan produk sendiri, tetapi penghasilan dari menjualkan produk orang lain. Karena setiap orang memiliki keterbatasan dalam memproduksi jenis-jenis produk, sehingga dengan program affiliate tersebut Anda maupun pihak pemasar sama-sama menguntungkan.

Lalu berapa besarnya komisi dari suatu program affiliate marketing? Berapa besarnya komisi dari suatu program affiliate tergantung dari kebijaksanaan yang dikeluarkan oleh pemilik program affiliate tersebut, dan sebaiknya Anda harus mengetahui terlebih dahulu berapa besar komisi yang akan Anda terima sebelum benar-benar ikut memasarkan produk orang lain tersebut ke networking (jaringan) Anda. Selain itu juga, Anda harus mengetahui bagaimana metode pembayaran komisi Anda. Untuk program affiliate yang ada di Indonesia, biasanya ditransfer langsung melalui transfer Bank ke rekening Anda. Tetapi bila Anda memasarkan program affiliate dari luar negeri, biasanya pemilik program affiliate melakukan pembayaran komisi Anda melalui cek, PayPal, egold, atau media pembayaran lainnya. Anda lebih baik mempelajari terlebih dahulu, apakah Anda bisa menerima pembayaran komisi tersebut di Indonesia.

P.S. 1. Untuk mengingatkan Anda mengenai semua pembelajaran bisnis internet marketing yang uprian berikan dalam blog ini, Anda dapat mempelajarinya pada halaman dengan kategori "Pengetahuan Dasar". Kerena pada halaman itulah segala dasar-dasar pengetahuan bisnis internet marketing yang wajib Anda ketahui dan kuasai. Karena itu akan menjadi MODAL PENTING DAN MENDASAR bagi Anda dalam berbisnis online.

P.S. 2. Uprian sarankan kepada Anda untuk membaca setiap Pengetahuan Dasar yang Uprian berikan secara berulang-ulang. JANGAN ANDA MELANJUTKAN ke pembelajaran selanjutnya bila pembelajaran sebelumnya belum Anda pahami. JANGAN TERBURU-BURU menyelesaikan dan menguasai segalanya dalam waktu singkat. ANDA AKAN BUTUH WAKTU. Terlebih dalam pembelajaran ini mungkin akan banyak hal yang baru Anda dengar atau pelajari.

-Salam Netpreneur-

0 comments:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

Tinggalkanlah komentar menarik Anda di blog ini, Jika Anda merasa artikel pembelajaran ini merupakan jawaban dari permasalahan Anda :D (Please, don't SPAM comment!)

 

Tentang Penulis

My Photo
Hi, I'm Aprian Ramadhani, a blogger from Indonesia. I'm the owner of uprian.com blog (the learning of Internet marketing and entrepreneurship). Many of the things I wrote on these blog, including a successful inspiration, tips and tricks of marketing, how to market, marketing tutorials, make money from your web/blog, and the latest news about online business and internet world.

Ingin Berkontribusi ?

Belajar Internet Marketing RSS Feed
Creative Commons License
Bloggers - Meet Millions of Bloggers

Copyright © 2010 - 2012 Blog Pembelajaran Internet Marketing dan Entrepreneurship is proudly powered by UPRIAN.COM - All Rights Reserved
Content on this site is licensed under a Creative Commons Attribution-No Derivative Works 3.0 Unported License | Template by ZoomTemplate
Blog Pembelajaran Internet Marketing dan Entrepreneurship